Contoh Teks Pidato Perpisahan Yang Anggun Dan Gampang Untuk Dihafal

Contoh Teks Pidato Perpisahan – Hallo sahabatnesia, siapa nih yang pernah berpidato di depan orang banyak ? Kaprikornus pidato yaitu salah satu materi pelajaran bahasan Indonesia ketika kita duduk di kelas 9 SMP. Adapun yang akan kita bahas dalam artikel ini yaitu perihal pengertian pidato, metode pidato, dan struktur pidato.


Selain itu, kita akan memperlihatkan beberapa rujukan pola teks pidato dengan banyak sekali tema. Tujuannya supaya lebih mempermudah kau untuk berguru berpidato dan tau bagaimana caranya berpidato yang baik dan benar.


Pidato sering kali kita jumpai ketika ada program penting ibarat perpisahan sekolah, seminar, dan juga yang lainnya. Nah berikut ini yaitu ulasan lebih detail mengenai teks pidato.



Pengertian Teks Pidato




 siapa nih yang pernah berpidato di depan orang banyak  Contoh Teks Pidato Perpisahan yang Bagus dan Praktis untuk Dihafal


Teks pidato yaitu salah satu bentuk komunikasi satu arah berupa pengungkapan suatu gagasan atau pikiran perihal beberapa hal kepada orang banyak dan tidak menerima eksklusif dari pendengarnya. Orang yang melaksanakan pidato disebut sebagai orator.


Pidato yang baik bisa memperlihatkan kesan yang nyata kepada orang-orang yang mendengarnya. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik dan benar ketika di depan publik bisa membantu kau untuk mencapai jenjang karir yang lebih baik.




Tujuan Pidato




 siapa nih yang pernah berpidato di depan orang banyak  Contoh Teks Pidato Perpisahan yang Bagus dan Praktis untuk Dihafal


Setiap orang yang melaksanakan pidato niscaya mempunyai tujuan. Berikut ini yaitu tujuan dari pidato.



  • Untuk mempengaruhi orang lain untuk mau mengikuti apa yang kita sampaikan dengan suka rela.

  • Untuk memberi suatu pemahaman atau informasi kepada orang lain yang mendengarkan pidato kita.

  • Untuk menciptakan orang lain bahagia dengan pidato yang kita sampaikan sehingga orang lain akan lebih gampang memahami apa yang kita bicarakan.




Jenis Jenis Pidato




 siapa nih yang pernah berpidato di depan orang banyak  Contoh Teks Pidato Perpisahan yang Bagus dan Praktis untuk Dihafal


Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato sanggup dibedakan menjadi :


1. Pidato Pembukaan


Pidato pembukaan yaitu pidato yang disampaikan secara singkat yang dibawakan oleh pembawa program atau yang biasa disebut dengan MC.


2. Pidato Pengarahan


Pidato pengarahan yaitu pidato yang disampaikan untuk mengarahkan orang lain kepada suatu pertemuan.


3. Pidato Sambutan


Pidato sambutan yaitu pidato yang disampaikan pada suatu program atau acara tertentu yang bisa dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas.


4. Pidato Peresmian


Pidato pelantikan yaitu pidato yang dilakukan oleh orang yang sangat besar lengan berkuasa untuk meresmikan suatu program atau acara tertentu.


5. Pidato Laporan


Pidato laporan yaitu pidato yang berisikan laporan dari suatu kiprah atau acara tertentu.


6. Pidato Pertanggungjawaban


Pidato pertanggungjawaban yaitu pidato yang berisikan suatu laporan pertanggunngjawaban.




Metode Berpidato




 siapa nih yang pernah berpidato di depan orang banyak  Contoh Teks Pidato Perpisahan yang Bagus dan Praktis untuk Dihafal


Ada empat metode yang bisa dipakai ketika akan memberikan pidato. Berikut ini yaitu ulasannya :


1. Metode Spontanitas


Metode spontanitas merupakan pidato yang disampaikan menurut kebutuhan sesaat, tanpa persiapan yang cukup. Metode ini juga menurut dengan kemampuan dan kemahiran seorang pembicara dengan apa adanya. Metode ini biasa dipakai dalam keadaan yang darurat atau mendadak.


2. Metode Menghafal


Metode menghafal bisa dilakukan dengan persiapan yang sangat matang. Materi yang akan disampaikan sebaiknya dihafal terlebih dahulu sebelum disampaikan kepada banyak roang. Metode ini biasa dipakai ketika program pidato sudah direncanakan dengan sangat baik.


3. Metode Naskah


Metode ini dipakai dengan cara membaca naskah pidato yang sudah dipersiapkan oleh orator.


4. Metode Ekstemporan 


Metode ini dilakukan dengan memakai kemampuan berbicara dengan hanya menyiapkan poin-poin pokok yang akan dikembangkan nantinya.




Kerangka Susunan Pidato




Pidato juga mempunyai susunan sama halnya dengan usulan dan surat. Berikut ini yaitu klarifikasi mengenai kerangkan susunan pidato yang baik dan benar :



  1. Pembukaan dengan salam pembuka.

  2. Pendahuluan yang menggambarkan sedikit perihal isi pidato yang akan disampaikan.

  3. Isi atau materi pidato : Maksud, tujuan, sasarana, rencana, langkah-langkah, dll.

  4. Penutup yang berisi kesimpulan, harapan, pesan, dan salam penutup.




Persiapan Pidato




 siapa nih yang pernah berpidato di depan orang banyak  Contoh Teks Pidato Perpisahan yang Bagus dan Praktis untuk Dihafal


Sebelum memberikan pidato di depan banyak orang, sebaiknya lakukanlah persiapan berikut ini terlebih dahulu :



  1. Wawasan pendengar pidato secara umum.

  2. Mengetahui usang waktu atau durasi pidato yang akan kau bawakan.

  3. Menyusun telebih dahulu kata-kata yang sekiranya gampang dipahami oleh banyak orang.

  4. Mengetahui jenis pidato dan tema program yang sedang berlangsung.

  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato.




Contoh Pidato Perpisahan Sekolah yang Panjang





Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.


Alhamdulillaahi rabbil aalamiin. Wasshalaatu wassalaamu alaa asyrafil anbiyaa iwal mursaliin wa alaa aalihii washahbihii ajmaiin ammaa badu.


Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah swt, atas limpahan rahmat dan hidayahnya, kita masih diberikan nikmat kesehatan, nikmat iman, dan nikmat islam. Sehingga kita masih bisa dipertemukan di dalam program kenaikan kelas sekaligus perpisahan. Sholawat serta salam tidak lupa kita curah limpahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW. Berkat usaha beliaulah kita masih bisa mencicipi nikmatnya iman dan islam kini ini.


Ucapan terimakasih saya sampaikan kepada pembawa program yang telah memperlihatkan waktu kepada saya untuk memberikan sepatah dua kata dalam program perpisahan ini.


Yang saya hormati, Kepala Sekolah beserta dewan guru.


Yang saya hormati bapak dan ibu wali murid.


Yang saya hormati seluruh tamu seruan serta adik-adik dan teman-teman yang saya sayangi.


Tidak terasa, hari terus berganti, ahad berlalu, bulan berjalan dan tahun pun mulai mengantarkan kita kepada program ini, yakni perpisahan sekolah. Acara ibarat inilah yang selalu menciptakan saya bersedih dan terharu.


Hari ini ada rasa sedih yang begitu mendalam di dalam hati. Karena tidak usang algi, kami semua akan meninggalkan sekolah ini. Sekolah ini telah mengajarkan kami banyak hal, yang tadinya kau tidak tahu menjadi tahu. Kami akan meninggalkan semua bapak dan ibu guru yang selalu sabar dalam membimbing kau dan mencurahkan ilmunya kepada kami. Meninggalkan masa yang penuh suka dan duka.


Kami sadar selama kebersamaan kita di sekolah ini, banyak tingkah laris atau perkataan kami yang mungkin kurang berkenan di hati bapak/ibu guru dan teman-teman sekalian. Mungkin kami sering menciptakan kalian marah, oleh alasannya itu izinkanlah kami untuk memohon maaf yang sebesar-besarnyaatas semua kesalahan yang kami lakukan baik yang disengaja ataupun tidak di sengaja.


Tidak lupa kami sampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya atas segala dedikasi dan bimbingan dari bapak/ibu guru sekalian. Tanpa kiprah kalian kami bukanlah apa-apa. Banyak hal yang kalian ajarkan kepada kami, meski kami terkadang selalu menjengkelkan, namun kalian masih tetap sabar dalam membimbing kami.


Akhirnya tidak ada kado yang lebih berharga yang bisa kami berikan kepada kalian wahai guruku selain ucapan terimakasih dan untaian doa. Semoga jasa dan dedikasi yang kalian berikan sanggup memperlihatkan manafat yang ebgitu luar biasa kepada kami dan semoga Allah swt memebrikan jawaban yang setimpal kepada kalian. Aamiin


Mungkin hanya itu yang sanggup saya sampaikan. Jika ada kesalahan kata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sekian dari saya !


Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr.wb




Contoh Pidato Singkat Bahasa Jawa yang Bagus




Berikut kita akan menuliskan pola pidato singkat bahasa Jawa yang bekerjasama dengan perpisahan sekolah. Pidato perpisahan ini kami tuliskan untuk sahabat yang sedang mencari pidato perpisahan sekolah yang nantinya akan dibawakan pada dikala program perpisahan sekolah dengan memakai bahasa Jawa.





Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD




Berikut ini kita akan menuliskan pola pidato perpisahan kelas 6 SD yang bisa kau gunakan sebagai referensi. Pidato perpisahan ini kami tuliskan  untuk kau yang ingin berpdiato pada dikala program perpisahan sekolah. Oleh alasannya itu kami membuatnya semudah mungkin untuk dihapal.





Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 SMP




Berikut ini kita akan menuliskan pidato perpisahan kelas 9 yang bisa kau jadikan sebagai referensi. Pidato ini kau tulis untuk kau yang akan berpidato di program perpisahan. Oleh alasannya itu untuk bahasanya kami buat semudah mungkin dan yang terpenting gampang untuk dihafal.





Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 SMA




Berikut ini kita akan menuliskan pola pidato perpisahan kelas 12 Sekolah Menengan Atas yang bisa kau jadikan sebagai referensi. Kita menuliskan pidato ini untuk kau yang ingin memberikan pidato di program perpisahan SMA. Kamu hanya perlu menambahkan poin-poin tertentu saja, alasannya yang kita buat merupakan pidato dengan isinya secara general atau umum. Pidato ini dibentuk dengan bahasa Indonesia yang mduah dimengerti dan yang niscaya gampang untuk di hafal.





Contoh Pidato Perpisahan Sekolah yang Bagus dan Mengharukan




Pidato perpisahan sanggup menjadi kenangan tersendiri ketika kita akan mengakhiri pendidikan di sebuah sekolah. Berikut ini kita akan menuliskan pidato perpisahan yang bisa kau jadikan sebagai referensi. Kaprikornus kau tidak perlu khawatir lagi, kau hanya tinggal mengedit dan merubah sedikit kata-katanya sesuai dengan tema perpisahan di sekolah kamu.


Selain itu, pidato yang kita tuliskan ini memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar serta gampang untuk di hafal. Sangat cocok untuk kau yang ingin memberikan pidato pada dikala program perpisahan.



Nah itulah pembahasan singkat mengenai pengertian pidato, tujuan pidato, jenis jenis pidato, kerangka pidato dan pola teks pidato. Semoga sanggup bermanfaat untuk kalian semua.



  • Contoh teks pidato perpisahan sekolah

  • Contoh teks pidato perpisahan kelas 6

  • Contoh teks pidato perpisahan kelas 9

  • Contoh teks pidato perpisahan kelas 12

  • Contoh teks pidato perpisahan wisuda


Contoh Teks Pidato Perpisahan



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Lomba Pidato Tema Birul Walidain ( Rujukan Terbaik )

10 Ikan Terlangka Di Dunia Yang Terancam Punah

Sejarah Tari Merak Jawa Barat Beserta Ciri Khas Dan Gerakannya