Contoh Teks Eksposisi Lengkap Dengan Pembahasannya, Tumpuan Untuk Kiprah Sekolah

Contoh Teks Eksposisi – Hallo sahabatnesia, tau kah kau apa itu teks eksposisi ? Berbicara mengenai teks eksposisi tentu sangat bersahabat hubungannya dengan pelajaran Bahasa Indonesia. Teks eksposisi yakni salah satu belahan dari banyak sekali jenis teks yang ada.


Dalam artikel ini kita akan coba mengulas lebih detail lagi mengenai pengertian teks eksposisi, ciri-ciri teks eksposisi, struktur teks eksposisi, jenis-jenis teks eksposisi, dan kaidah yang terdapat di dalam teks eksposisi.


Untul lebih mempermudah kau dalam memahami apa itu teks eksposisi, kita juga akan menawarkan beberapa teladan teks eksposisi. Oke pribadi saja, berikut ini yakni klarifikasi teks eksposisi lebih detailnya :





Pengertian Teks Eksposisi




 Berbicara mengenai teks eksposisi tentu sangat bersahabat hubungannya dengan pelajaran Bahasa I Contoh Teks Eksposisi Lengkap dengan Pembahasannya, Referensi untuk Tugas Sekolah
500px.com

Teks eksposisi yakni sebuah paragraf atau karangan yang di dalamnya terdapat beberapa info yang isi dari paragraf tersebut di tulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau menawarkan sebuah pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat, dan jelas.




Ciri Ciri Teks Eksposisi




Apa sih ciri-ciri dari teks eksposisi ? Berikut ini yakni klarifikasi mengenai ciri-ciri teks eksposisi :



  • Gaya info yang disampaikan sifatnya mengajak atau persuasif.

  • Penyampai teksnya lebih terperinci dengan memakai bahasa yang baku.

  • Menjelaskan info pengetahuan secara lebih detail.

  • Sifatnya tidak memihak, maksudnya tidak memaksakan kemauan dari diri sendiri kepada para pembacanya.

  • Teks eksposisi sifatnya netral dan objektif.

  • Penjelasannya disertai dengan data yang akuran dan bisa diuji kebenarannya.

  • Menyajikan sebuah fakta yang sanggup dipakai sebagai alat konkritasi dan kontribusi.




Struktur Teks Eksposisi




 Berbicara mengenai teks eksposisi tentu sangat bersahabat hubungannya dengan pelajaran Bahasa I Contoh Teks Eksposisi Lengkap dengan Pembahasannya, Referensi untuk Tugas Sekolah
500px.com

Teks eksposisi juga mempunyai struktur dasar, sama halnya dengan jenis teks yang lainnya. Apa saja struktur teks eksposisi ini ? Berikut ini yakni penjelasannya :


A. Tesis atau Pernyataan Pendapat


Tesis merupakan suatu belahan yang mempunyai isi berupa sebuah sudut pandang dari penulis terhadap setiap permasalahan yang akan di bahas topiknya.


Sebuah tesis ini sudah dipastikan menurut dari suatu bentuk pernyataan yang nantinya akan diperkuat dengan argumen-argumen dari penulis.


Bagian ini sangatlah penting dalam menyusun teladan teks eksposisi dan biasanya sering muncul di awal teks eksposisi. Walaupun terdapat kemungkinan kita sanggup menjumpainya pada belahan simpulan teks tersebut.


B. Argumentasi


Argumentasi merupakan suatu bentuk alasan atau bukti yang di pakai untuk mengokohkan sebuah pendapat yang terdapat di dalam sebuah tesis. Walaupun pada prakteknya argumentasi ini bisa dipakai untuk menyanggah atau bahkan menolak dari sebuah pernyataan yang disampaikan.


C. Penegasan Ulang Pendapat


Penegasan ulang pendapat merupakan sebuah belahan yang menawarkan kesimpulan dan menegaskan kembali dari tesis yang telah diulas dari awal teks hingga pada argumentasi yang di tunjang oleh fakta-fakta yang ada.




Jenis Jenis Teks Eksposisi




 Berbicara mengenai teks eksposisi tentu sangat bersahabat hubungannya dengan pelajaran Bahasa I Contoh Teks Eksposisi Lengkap dengan Pembahasannya, Referensi untuk Tugas Sekolah
500px.com

Berikut ini yakni klarifikasi mengenai jenis-jenis teks eksposisi :


Teks Eksposisi Definisi


Teks eksposisi definisi yakni suatu paragraf eksposisi yang menjelaskan pengertian atau definisi dari suatu topik yang sedang diperbincangkan.


Teks Eksposisi Proses


Teks eksposisi proses yakni sebuah tahapan atau cara untuk melaksanakan sesuatu dari awal hingga akhir.


Teks Eksposisi Ilustrasi


Teks eksposisi ilustrasi yakni sebuah paragraf yang menjelaskan suatu info atau klarifikasi tertentu dengan cara menawarkan sebuah citra atau klarifikasi yang sangat sederhana terkait suatu topik dengan topik yang lainnya yang mempunyai kesamaan sifat atau kemiripan dalam hal tertentu.


Teks Eksposisi Laporan


Teks eksposisi laporan yakni sebuah paragraf eksposisi yang menjelaskan laporan dari sebuah kejadian atau acara penelitian tertentu.


Teks Eksposisi Perbandingan


Teks eksposisi perbandingan yakni sebuah paragraf eksposisi yang gagasan utamanya dijelaskan dengan cara membandingkan dengan gagasan utama yang lainnya.


Teks Eksposisi Pertentangan


Teks eksposisi kontradiksi yakni sebuah paragraf yang berisi mengenai suatu hal yang bertentangan dengan hal yang lainnya.




Kaidah Teks Eksposisi




Berikut ini yakni klarifikasi mengenai kaidah teks eksposisi :


A. Pronomina


Pronomina yakni kata ganti orang yang biasa dipakai pada dikala pernyataan pendapat pribadi dituangkan. Pronomina bisa dikelompokkan menjadi dua bagian, berikut ini penjelasannya :



  1. Pronomina Persona, merupakan persona tunggal. Contohnya : Dia, Kamu, Aku, Ia. Adapula persona jamak mirip : Kami, Kita, Mereka, Kalian.

  2. Pronomina Nonpersona, merupakan pronomina penunjuk. Contohnya : Ini, Itu, Situ, Sini, Sana. Adapula pronomina penanya mirip : Apa, Mana, dan Siapa.


B. Konjungsi


Konjungsi atau kata penghubungdigunakan dalam teks eksposisi bertujuan untuk memperkuat sebuah argumentasi. Berikut ini yakni jenis konjungsi atau kata penghubung yang bisa kita temukan di dalam teks eksposisi :



  • Konjungsi waktu, contohnya : sebelum, kemudian, sesudah.

  • Konjungsi pembatasan, contohnya : selain, kecuali.

  • Konjungsi gabungan, contohnya : dan, serta, dengan.

  • Konjungsi tujuan, contohnya : untuk, agar, supaya.

  • Konjungsi persyaratan, contohnya : apabila, bilamana, jikalau.

  • Konjungsi perincian, contohnya : yakni, ialah, yaitu.

  • Konjungsi sebab-akibat, contohnya :sebab, karena, sehingga.

  • Konjungsi pertentangan, contohnya : sedangkah, namun, akan tetapi.

  • Konjungsi pilihan, contohnya : atau.

  • Konjungsi penguatan, contohnya : lagi pula, hanya, apalagi.

  • Konjungsi penjelasan, contohnya : bahwa.

  • Konjungsi perbandingan, contohnya : ibarat, seperti, serupa.

  • Konjungsi penyimpulan, contohnya : oleh lantaran itu, jadi.


C. Kata Leksikal



  1. Nomina : Yaitu kata yang muncul pada benda, baik itu berupa benda aktual ataupun benda yang abstrak.

  2. Verba : Yaitu kata yang mengandung makna dasar perbuatan, proses ataupun sebuah keadaan yang bukan sifat.

  3. Adjektiv : Yaitu kata yang dipakai untuk menjelaskan sifat atau keadaan orang, binatang, ataupun benda.

  4. Adverbia : Yaitu kata yang melengkapi atau menjelaskan info berupa keterangan tempat, suasana, waktu, cara, dan yang lain sebagainya.




Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Kesehatan




 Berbicara mengenai teks eksposisi tentu sangat bersahabat hubungannya dengan pelajaran Bahasa I Contoh Teks Eksposisi Lengkap dengan Pembahasannya, Referensi untuk Tugas Sekolah
notepam.com

Manfaat Lidah Buaya


Tesis


Sejak zaman dulu, nenek moyang kita telah mengenal manfaat tumbuhan pengecap buaya. Manfaat tumbuhan ini tidak hanya mempunyai kegunaan untuk menyuburkan rambut, akan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan badan manusia.


Argumentasi


Walaupun semenjak dulu dikenal mempunyai banyak manfaat, namun tidak banyak orang yang mengetahui bahwa tumbuhan ini sanggup dijadikan sebagai komoditas yang sangat menguntungkan.


Para peneliti mengungkapkan banyak sekali manfaat yang terdapat dalam tumbuhan pengecap buaya. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai manfaat tumbuhan tersebut :


1. Bagian tertentu dari tumbuhan ini bisa dijadikan sebagai obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya dinilai sangat ampuh untuk mengobati bekas luka, luka lantaran cedera ataupun luka lantaran terbakar.


2. Lidah buaya juga dikenal bersifat anti-inflamasinya. Dengan kata lain, tumbuhan ini mempunyai kemampuan untuk memperlambat peradangan lantaran adanya asam lemak. Mengoleskan gel pengecap buaya bisa mencegah atau menghentikan perdagangan yang disebabkan oleh cedera, dan lain sebagainya.


3. Lidah buaya sanggup meningkatkan pencernaan dan membantu detoksifikasi tubuh. Lidah buaya juga sangat baik untuk mengatasi sembelit.


Penegasan Ulang 


Sudah sangat jelas, pengecap buaya tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan untuk menyuburkan rambut, akan tetapi bisa dijadikan sebagai makanan alami yang sangat menyehatkan. Ternyata alam sangat lengkap menyediakannya untuk kita.




Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Ekonomi




 Berbicara mengenai teks eksposisi tentu sangat bersahabat hubungannya dengan pelajaran Bahasa I Contoh Teks Eksposisi Lengkap dengan Pembahasannya, Referensi untuk Tugas Sekolah
notepam.com

Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia


Tesis


Disaat kondisi perekonomian global tengah krisis, torehan pertumbuhan ekonomi di Indonesia memperlihatkan hasil yang sangat positif.


Jika dibandingkan pada triwulan kedua tahun ini dengan periode yang sama dengan tahun lalu, ekonomi di Indonesia meningkat kurang lebih sekitar 6,4%.


Pertumbuhan ini masih tetap terpusat di Pulau Jawa dengan peningkatan sebesar 57,5%. Apabila kita akumulasikan, pertumbuhan ekonomi di Indonesia semester I tahun 2012 jauh lebih baik dibandingkan dengan semester I tahun 2011 yang hanya tumbuh sekitar 6,3%.


Argumentasi


Akan tetapi pertumbuhan ekonomi di Indonesia dinilai mengalami anomali. Hal ini dikatakan oleh Salamuddin Daeng, seorang pengamat ekonomi di Indonesia for Global Justice. Ia beropini bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia tidak di ikuti dengan pengningkatan kesejahteraan rakyatnya.


Tidak hanya itu saja, Daeng juga menjelaskan, sekurang-kurangnya ada 4 faktor yang menciptakan ekonomi di Indonesia ini mengalami anomali.


Pertama, perekonomian di Indonesia jauh lebih banyak di tengarai oleh hutang gila yang nilainya semakin meningkat.


Kedua, pengingkatan daya konsumsu masyarakat juga dinilai mensugesti pertumbuhan ekonomi di Indonesia.


Ketiga, ekonomi di Indonesia pertumbuhannya juga di dorong oleh ekspor materi mentah, contohnya hasil perkebunan, materi tambang, dan yang lainnya.


Keempat, pertumbuhan ekonomi di Indonesia di dorong oleh penanaman pihak oleh pihak gila yang mengakibatkan sumber daya alam di Indonesia semakin dikuasai asing.


Di lain pihak, A Tony Prasetiantono, seorang Pengamat Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada, menyatakan pertumbuhan ekonomi di Indonesia di topang oleh sektor domestik.


Menurutnya, imbas krisis global melalui defisit neraca perdagangan dan penurun ekspor akan terasa pada kuartal ketiga dan keempat pada tahun ini. Ia menilai konstribusi ekspor terhadap PDB tidak begitu besar.


Penegasan Ulang 


Menurut A Tony Prasetianto, belanja pemerintah yang lebih cepat dan begitu besar sangat membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Seiring dengan hal tersebut, tingkat inflasi yang berada di bawah 5 % sangat membantu, walaupun hal tersebut mempunyai dampak, yaitu nilai subsidi energi akan terus membengkak yang bergotong-royong tidak sehat.




Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Hukum




 Berbicara mengenai teks eksposisi tentu sangat bersahabat hubungannya dengan pelajaran Bahasa I Contoh Teks Eksposisi Lengkap dengan Pembahasannya, Referensi untuk Tugas Sekolah
notepam.com

Fakta Hukum di Indonesia


Tesis


Semestinya aturan di negera Indonesia sebagaimana yang telah diatur dalam undang-undang dasar 1945 sudah secara tegas mengatur eksekusi untuk para pelaku tindak kejahatan.


Akan tetapi pada faktanya kerapkali terjadi ke tidak adilan terhadap aturan yang bisa merugikan banyak orang. Hukum bisa saja tegas, akan tetapi menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan uang. Itulah yang terjadi pada dikala ini.


Argumentasi


Bukan menjadi belakang layar umum lagi kalau para koruptor di Indonesia mendapatkan eksekusi yang tingkatannya terbilang sangat ringan, bahkan ada pula koruptor yang mendapatkan pinjaman berupa akomodasi yang sangat glamor padahal sudah dianggap merugikan masyarakat dan negara.


Penegasan Ulang


Hukum di Indonesia sanggup dibilang hanya tegas dihadapan rakyat kecil. Contohnya kasus yang pernah menimpa Nenek Asyani. Kasusnya hanya lantaran diduga mencuri beberapa kayu. Ia terancam dengan eksekusi selama kurang lebih 5 tahun penjara. Sungguh sangat ironis dan tidak adil. Apabila dibandingkan dengan eksekusi para koruptor yang tidak sebanding dengan apa yang telah diperbuatnya terhadap negara.




Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Politik




Berikut ini yakni klarifikasi mengenai teladan teks eksposisi singkat perihal politik lengkap dengan strukturnya. Perhatikan ulasan dibawah ini :





Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Lingkungan




Berikut ini yakni teladan teks eksposisi singkat perihal lingkungan beserta contohnya.  Perhatikan ulasan dibawah ini :



Nah itulah klarifikasi singkat mengenai pengertian teks eksposisi, struktur teks eksposisi, kaidah teks eksposisi, ciri ciri teks eksposisi, dan jenis jenis teks eksposisi. Lengkap dengan :



  • Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

  • Contoh Teks Eksposisi Tentang Hukum

  • Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik

  • Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

  • Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan


 


Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Lomba Pidato Tema Birul Walidain ( Rujukan Terbaik )

10 Ikan Terlangka Di Dunia Yang Terancam Punah

Sejarah Tari Merak Jawa Barat Beserta Ciri Khas Dan Gerakannya