Contoh Pembukaan Teks Pidato Yang Menarik Semoga Pidatomu Tidak Membosankan

Pembukaan Pidato – Hallo sahabatnesia, pernah kalian memberikan sebuah pidato di depan orang banyak ? Mungkin bagi orang yang belum terbiasa berbicara di depan orang banyak akan gugup dan gemetaran. Hayooo ngaku aja deh hehe. Nah dalam artikel ini kita akan coba mengulas kembali mengenai pidato. Enggak ada salahnya kan flashback ke zaman sekolah dulu.


Kita akan mulai menjelaskan dari pengertian pidato, metode pidato, jenis pidato, dan tujuan pidato. Namun pada intinya, kita akan lebih menjelaskan mengenai pembukaan pada pidato. Berikut ini yaitu ulasannya :



Pengertian Pidato




 pernah kalian memberikan sebuah pidato di depan orang banyak  Contoh Pembukaan Teks Pidato yang Menarik Agar Pidatomu Tidak Membosankan


Pidato

adalah suatu ucapan yang harus memperhatikan susunan kata yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Dalam KBBI, pidato sanggup definisikan sebagai pengungkapan pikiran dalam bentuk kata yang ditujukan kepada orang banyak atau perihal yang sengaja disiapkan untuk dibacakan di depan khalayak.


Pidato yang baik dan benar akan terlihat pada reaksi orang yang mendengar pidato tersebut. Karena tujuan pidato memang untuk mempengaruhi orang lain semoga mau mengikuti apa yang kita perintahkan.




Jenis Jenis Pidato




 pernah kalian memberikan sebuah pidato di depan orang banyak  Contoh Pembukaan Teks Pidato yang Menarik Agar Pidatomu Tidak Membosankan


Ada beberapa jenis pidato jikalau ditinjau menurut dari sifat isi pidato, yakni :



  1. Pidato pembukaan

  2. Pidato pengarahan

  3. Pidato sambutan

  4. Pidato peresmian

  5. Pidato laporan

  6. Pidato pertanggungjawaban




Contoh Pembukaan Teks Pidato yang Baik dan Benar




Bagian salam pembuka dan doa.


Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah swt, atas limpahan rahmat dan nikmatnya kita semua masih sanggup berkumpul di kawasan ini tanpa adanya halangan sedikitpun dan dalam keadaan sehat walafiat. Tidak lupa sholawat serta salam tetap kita curah limpahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad saw yang telah membawa kita ke luar dari zaman kegelapan menuju ke zaman yang terang benderang ketika ini, yakni agama Islam. Semoga kita semua mendapat syafaatnya pada yaumil selesai kelak aamiin.


(Bagian Isi)


……………………………




Contoh Teks Pembukaan Pidato Perkenalan Diri




Bagian salam pembuka dan doa.


Wahai para pemuda


Bagaimana kabar kalian ? Saya yakin kalian semua dalam keadaan sehat walafiat. Sebelumnya apakah kalian sudah mengenal saya ? Ada pepatah yang menyampaikan kalau tak kenal maka tak sayang. Oleh alasannya yaitu itu, saya akan pernkenalkan diri saya terlebih dahulu. Nama saya yaitu Muhammad Lutfi Aji Arya Putra, saya biasa di panggil Arya. Saya lahir pada tanggal 28 Februari 2997 di Balikpapan. Kesibukan yang saya kerjakan kini ini yaitu berbisnis. Apakah kalian ingin menjadi pengusaha ibarat saya ?


Kalau begitu, dalam kesempatan ini akan saya ceritakan beberapa pengalaman pahit saya dalam membangun bisnis. Harapannya semoga kalian nanti sanggup termotivasi ketika akan menggeluti bidang ini.


(Bagian Isi)


……………………………




Contoh Pembukaan Teks Pidato Lucu dan Menarik




Bagian salam pembuka dan doa


Pernahkah kita menyadari mengapa setiap pengusaha mempunyai badan yang lebih subur jikalau di bandingkan dengan para pegawai. Hal ini masih menjadi misteri bagi saya, mengapa hal tersebut sanggup terjadi. Namun sehabis saya cari tahu dan bertanya kepada teman-teman pengusaha saya, ternyata hal tersebut tidak lain dan tidak bukan yaitu alasannya yaitu setiap pengusaha kerjanya hanya tidur. Mereka tidak perlu bekerja alasannya yaitu uanglah yang bekerja untuk mereka. Sedangkan para pegawai ? harus bekerja pagi, siang, sore, malam sehingga menguras waktu dan tenaga mereka. Akibatnya mereka menjadi kurus, ironis bukan ?


Oleh alasannya yaitu itu, melalui pidato singkat ini saya akan memberikan betapa pentingnya menumbuhkan jiwa entrepreneur di dalam diri kita ini. Agar nantinya kita sanggup menjadi orang yang sukses dan mempunyai perut yang subur juga tentunya. Hehe


(Bagian Isi)


……………………………




Contoh Pembukaan Teks Pidato Ilustrasi




Bagian salam pembuka dan doa


Hadirin yang berbahagia,


Sebelum saya berbicara panjang lebar, lihatlah apa yang telah terjadi di sekitar kita pada ketika ini. Sampah acak-acakan dimana-mana. Bukankah hal ini  yang sanggup mengganggu pemandangan, bahkan kita semua tahu bahwa sampah merupakan sumber peristiwa bagi kita. Sampah sanggup menimbulkan penyakit melalui udara yang kita hirup. Bisakah kita membayangkan jikalau setiap hari kita menghirup udara yang kotor yang dihasilkan oleh sampah ? Tentunya hal ini sangat membahayakan untuk kita semua.


Oleh alasannya yaitu itu, melalui pidato singkat ini saya akan mengingatkan kepada kalian semua betapa pentingnya menjaga lingkungan kawasan tinggal kita semoga selalu bersih. Semoga yang saya sampaikan ini sanggup bermanfaat untuk kita semua.


(Bagian Isi)


……………………………




Contoh Pembukaan Teks Pidato Berdasarkan Sejarah




Bagian salam pembuka dan doa


Hadirin sekalian,


Tepat hari ini, yakni tanggal 10 November. Para pendahulu kita telah berjuang dan mengorbankan seluruh jiwa dan raga mereka untuk mengusir para penjajah dari tanah kita ini, Indonesia. Mereka dengan gagah berani melawan pasukan sekutu yang terus membombardir Surabaya dari darat, laut, dan udara. Namun tekad mereka tidak pernah giyah, mereka tetap berani memperjuangkan harga diri bangsa ini. Meskipun mereka kalah jumlah, kalah persenjataan, namun mereka tetap bersatu demi mewujudkan satu cita yanki merdekanya Negara Indonesia.


Oleh alasannya yaitu itu, pada tanggal 10 November ini, saya akan memberikan sebuah pidato singkat dalam rangka untuk memperingati Hari Pahlawan semoga kita sanggup meneladani semangat usaha mereka untuk mengisi kemerdekaan yang telah diwariskan kepada kita ketika ini.


(Bagian Isi)


……………………………




Contoh Pembukaan Teks Pidato Bahasa Inggris




Good morning everyone.


First of all, Let us say thanks to Allah SWT, which has given guidance and blessing to us, therefore we can gather here to celebrate …………… , without hindrance of any. Our Sholawat and greeting are always delivered on our Great Prophet Muhammad SAW, which has brought us from darkness to brighter.




Contoh Mukadimah Pidato Bahasa Arab




Mukadimah merupakan bab pengantar atau pendahuluan dalam sebuah pidato. Istilah mukadimah ini dipakai untuk menyebut bab kata pengantar atau pendahuluan pada sebuah goresan pena ibarat makalah, buku, dan sebagainya.


Meskipun hanya sebagai kata pengantar, namun mukadimah ini mempunyai tugas yang sangat penting untuk menarik minat pendengar untuk mendengarkan kelanjutan sebuah pidato yang disampaikan. Mukadimah sebaiknya dibentuk semenarik mungkin semoga orang yang mendengarkannya tertarik untuk memperhatikan kelanjutan isi pidatonya.


Sebuah mukadimah juga dihentikan panjang dan bertele-tele sehingga isi pidato tidak tersampaikan dengan baik. Mukadimah sebaiknya singkat, padat, dan jelas. Kemudian disambung dengan pokok pidato yang akan disampaikan.


Berikut ini tumpuan mukadimah pidato dalam Bahasa Arab :


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأََشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وُرَسُولُهُ الَّذِيْ بَعَثَهُ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيَا إِلَى الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ؛


 pernah kalian memberikan sebuah pidato di depan orang banyak  Contoh Pembukaan Teks Pidato yang Menarik Agar Pidatomu Tidak Membosankan


Itulah klarifikasi singkat mengenai pengertian pidato, jenis jenis pidato dan tumpuan pembukaan pidato. Semoga sanggup bermanfaat untuk kau yang ingin berpidato di depan orang banyak.



  • Pembukaan Pidato

  • Mukadimah Pidato

  • Contoh Pembukaan Pidato

  • Contoh Mukadimah Pidato


Pembukaan Pidato



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Lomba Pidato Tema Birul Walidain ( Rujukan Terbaik )

10 Ikan Terlangka Di Dunia Yang Terancam Punah

Sejarah Tari Merak Jawa Barat Beserta Ciri Khas Dan Gerakannya