Cara Simpel Menciptakan Daftar Isi Semoga Otomatis Dan Lurus, Simpel Banget !

Cara Membuat Daftar Isi – Hallo sahabatnesia, bagi kalian yang pernah kuliah niscaya pernah menciptakan yang namanya skripsi dong hehe. Nah bagi kau yang belum pernah menciptakan skripsi tentunya harus memahami wacana bagaimana cara menciptakan skripsi yang baik dan benar.


Eitsss, salah satu yang harus diperhatikan ialah dikala menciptakan daftar isi. Sering kali kita temukan mahasiswa yang tidak mau ribet dan jadinya tinggal copy paste aja dari internet. Alhasil garis titik-titik pada daftar isinya tidak sanggup rapih alias panjang pendek panjang pendek gitu deh haha.


Nah, solusinya bagaimana sih cara menciptakan daftar isi supaya sanggup lurus ? Tenang ! Dalam artikel ini kita akan coba mengulas mengenai cara menciptakan daftar isi otomatis di word. Sebenarnya menciptakan daftar isi lurus itu sangatlah mudah. Akan tetapi alasannya tidak mengetahui ilmunya menjadi sulit deh.


Membuat daftar isi membutuhkan ketelitian yang lebih. Secara garis besar cara menciptakan daftar isi hanya membutuhkan 2 langkah. Pertama, kau harus menentukan terlebih dahulu judul dan subjudul yang akan dimasukan kedalam daftar isi. Kedua, perintahkan word untuk menciptakan daftar isi menurut dengan judul dan subjudul yang sudah kau buat tadi. Praktis bukan ? haha


Oke eksklusif saja kita praktekkan, perhatikan langkah-langkah berikut ini kalau mau berhasil buat daftar isi.



Menentukan Judul dan Subjudul untuk Membuat Daftar Isi


Untuk menciptakan sebuah daftar isi, langkah pertama yang harus kau lakukan ialah menentukan terlebih dahulu judul dan subjudul yang akan dimasukkan ke dalam daftar isi. Caranya bagaimana ? Blok teks yang akan dijadikan sebagai judul kemudian aplikasikan style Heading 1.


Cara paling gampang untuk menciptakan judul dengan style Heading 1 ialah sebagai berikut :



  • Pada Word 2003 dan Word sebelumnya : Klik style box pada hidangan formatting kemudian pilih Heading 1.

  • Pada Word 2007, 2010, dan 2013 : Klik Heading 1 pada grup style pada hidangan Home.


 bagi kalian yang pernah kuliah niscaya pernah menciptakan yang namanya skripsi dong hehe Cara Praktis Membuat Daftar Isi Agar Otomatis dan Lurus, Gampang Banget !
bacaterus.com

Nah aplikasikan Heading 1 sebagai judul utama dari setiap pecahan pembahasan. Untuk subjudulnya gunakan Heading 2, Heading 3, dan seterusnya. Jika kau ingin mengubah warna, ukuran, atau jenis font dari Heading tersebut, kau sanggup mengubahnya pada hidangan “Modify” pada setiap Heading tersebut.


Membuat Daftar Isi Otomatis dengan Microsoft Word


Setelah kau menentukan judul dan subjudul untuk dijadikan sebagai daftar isi, langkah selanjutnya ialah menciptakan daftar isi biar lurus dan rapih. Terdapat beberapa perbedaan cara menciptakan daftar isi pada Microsoft Word 2003 ke bawah dengan Microsoft Word 2007 ke atas.


Kamu enggak perlu khawatir ! Karena kita akan membahasnya secara lengkap. Kaprikornus terserah saja mau pake Word tahun berapa. Berikut ini ialah cara menciptakan daftar isi untuk Word 2003 dan sebelum-sebelumnya:



  1. Klik pada daerah kososng dimana kau ingin meletakkan daftar isinya.

  2.  Tampilkan jendela Table of Contents. Caranya buka hidangan Insert > Index and Tables (Word 2000) atau buka hidangan Insert > Reference > Index and Tables (Word 2002 dan Word 2003)

  3. Langkah selanjutnya klik pada tab Table of Contents kemudian klik OK.


Sedangkan untuk menciptakan daftar isi pada Microsoft Word 2007, 2010, dan 2013 kau harus mengikuti langkah-langkah berikut ini.


 bagi kalian yang pernah kuliah niscaya pernah menciptakan yang namanya skripsi dong hehe Cara Praktis Membuat Daftar Isi Agar Otomatis dan Lurus, Gampang Banget !
bacaterus.com


  1. Buka references > Table of Contents

  2. Pilih opsi pertama dan kedua yang berada di dalam hidangan tersebut. Kedua opsi tersebut akan menciptakan sebuah daftar isi secara otomatis.

  3. Jika kau ingin menciptakan daftar isi secara manual, maka silahkan kau pilih opsi nomor 3. Opsi ini tidak saya sarankan alasannya akan memakan banyak waktu kau dan pekerjaan akan terasa lebih lama. Udah ada yang simple kenapa pilih yang ribet ? hehe.

  4. Selain dua pilihan tersebut, kau juga sanggup menentukan opso “Custom Table of Contents” dibawahnya untuk sanggup menciptakan daftar isi sesuai dengan harapan kamu.



Setelah melaksanakan langkah-langkah diatas, maka tabel daftar isi akan muncul di dokumen kamu. Daftar isi tersebut nantinya akan menampilkan judul dan subjudul yang telah kau buat sebelumnya. Jika kurang puas dengan tampilan dan bentuknya, kau sanggup mengubahnya dengan mengikuti tutorial selanjutnya.


Cara Merubah Tampilan Daftar Isi


Jika kau kurang menyukai tampilan judul dan subjudul pada daftar isi yang telah kau buat ibarat jenis fontnya, ukuran, warna, jarak, dan lain sebagainya, maka kau sanggup mengubahnya dengan cara memodifikasi Heading ibarat yang akan dibahas di pecahan pertama tadi.


Ingat, jangan memakai opsi Format > Paragraph atau Format > Font alasannya sanggup merusak susunan daftar isinya. Selain itu, jangan melaksanakan perubahan secara manual untuk merubah bentuk dan ukurannya. Pastikan kau selalu melaksanakan perubahan pada Header biar tampilannya selalu konsisten dan tidak berubah-ubah.


Selain merubah tampilan judul dan subjudulnya, kau juga sanggup mengubah tampilan dari daftar isinya sendiri. Caranya bagaimana ? Langkah pertama yang harus kau lakukan ialah membuka jendela pengaturan Table of Contents dengan cara sebagai berikut ini :


 bagi kalian yang pernah kuliah niscaya pernah menciptakan yang namanya skripsi dong hehe Cara Praktis Membuat Daftar Isi Agar Otomatis dan Lurus, Gampang Banget !
bacterus.com


  • Word 2000 : klik daftar isi tersebut dan kemudian buka hidangan Insert > Table of Contents.

  • Word 2002 dan Word 2003 : Klik daftar isi tersebut dan kamudian buka hidangan Insert > References > Table of Contents.

  • Word 2007 ke atas : Klik daftar isi dan kemudian bukan References > Table of Contents > Insert Table of Contents.


Setelah jendela pengaturannya sudah terbuka, kau sanggup mengubah beberapa elemen dari daftar isi tersebut. Langkah pertama yang harus kau lakukan ialah mengubah tingkatan judulnya. Secara default, Word akan menampilkan 3 tingkatan judul dan subjudul pada daftar isi. Kamu sanggup menambah atau menguranginya sesuai dengan tingkatan judul pada dokumen yang kau tulis.


Opsi yang selanjutnya ialah mengubah style atau gaya pada daftar isi yang telah kau buat. Secara default terdapat 2 pilihan style yang sanggup kau gunakan. Namun kau sanggup menciptakan style yang lain atau mengunduhnya melalui situs Microsoft Office.


Penjelasan Unsur yang Terdapat dalam Daftar Isi


 bagi kalian yang pernah kuliah niscaya pernah menciptakan yang namanya skripsi dong hehe Cara Praktis Membuat Daftar Isi Agar Otomatis dan Lurus, Gampang Banget !
500px.com

Selain menciptakan daftar isi rapih, kau juga harus memperhatikan unsur-unsur dalam menciptakan daftar isi. Hal ini sepele tapi sangat besar lengan berkuasa biar skripsi yang kau buat tidak di coret-coret oleh dosen kamu.


Apa saja sih unsur-unsur daftar isi ? Berikut ini ialah ulasannya lebih lengkapnya.


Halaman Judul


Judul memiliki fungsi untuk sanggup menarik minat pembaca. Judul akan menjadi sebuah citra wacana isi dari karya tulis yang akan kau buat. Dalam halaman judul ini, penulis harus mencantumkan nama penyusun, nama forum yang terkait, daerah serta tahun penyusunan karya tulis tersebut.


Halaman Pengesahan


Dalam lembar akreditasi ini, penulis harus mencantumkan orang-orang yang telah membimbing dan mendukungnya. Meliputi nama serta kedudukan orang tersebut dalam karya tulis yang dibuat.


Kata Pengantar


Dalam kata pengantar ini, hendaknya penulis mengemukakan hal-hal berikut ini.



  • Penjelasan mengenai dalam rangka apa penulis menyusun karya tulis tersebut serta mengapa menentukan bidang tersebut sebagai topik permasalahannya.

  • Pertanggungjawaban mengenai cara penyusunan kara tulis tersebut dan digambarkan secara umum.

  • Ungkapan rasa terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dan mendukung dalam penyusunan karya tulis tersebut.

  • Harapan penulis wacana manfaat dari karya yang telah ia buat. Baik untuk dirinya pribadi maupun untuk pembaca.


Abstrak


Pada pecahan abstraksi ini berisi ringkasan karya tulis secara keseluruhan. Abstraksi ini ialah sebuah esai wacana karya ilmiah tersebut yang ditulis secara utuh dan tidak dibatasi dengan subjudul.


Abstraksi ini juga merupakan sebuah esai yang terdiri dari serangkaian paragraf yang sanggup mengkomunikasikan inti dari karya tulis yang disusun secara menyeluruh.


Daftar Isi


Daftar ini merupakan penyajuan sistematik dari sebuah karya tulis. Daftar isi memiliki fungsi untuk memudahkan pembaca untuk mencari judul maupun subjudul yang diinginkan. Dalam daftar isi ini, judul maupun subjudul harus ditulis dengan mencantumkan nomor halaman.


Tujuan diberikan nomor halaman, biar mempermudah pembaca untuk menemukan halaman yang terdapat dalam daftar isi tersebut. Yang perlu kau perhatikan ialah nomot untuk halaman awal bukanlah nomor 1 melainkan memakai angka romawi. Sementara untuk halaman pertama pecahan I hingga simpulan halaman memakai angka.


Pendahuluan


Bagian pendahuluan terdapat pada BAB I dan ditempatkan secara khusus. Pada pecahan ini mencakup latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat dari penelitian.


Landasan Teori


Bagian ini ada di BAB II. Landasan teori ini juga sangat diharapkan sebagai teladan atau aliran penelitian yang sedang kau lakukan. 


Metode Penelitian


Metode penelitian berbeda dengan teknik atau prosedur. Metode ialah mekanisme yang dilakukan dalam melaksanakan sebuah penelitian yang akan dibahas dalam karya tulis. Sementara teknik sanggup diartikan sebagai cara dalam memecahkan suatu permasalahan yang dibahas dalam penelitian tersebut.


Pembahasan


Bagian ini terdapat pada BAB IV dan berisi judul dari hasil penelitian serta lengkap dengan pembahasannya. Pengolahan data dilakukan pada Bab ini. Pengolahaan data sendiri ialah sorotan objektif terhadap suatu problem yang akan diteliti dan kemudian ditulis dalam karya tulis ilmiah.


Tolak ukur dalam pengolahan data ini nantinya akan dikembalikan pada tujuan, teori, serta metode pengolahan daya yang dipakai pada pecahan sebelumnya yang sudah ada perumusannya.


Kesimpulan


Bagian kesimpulan atau rekomendasi ini terdapat pada BAB V atau penutup. Dalam pecahan ini, penulis menyajikan rumusan singkat terhadap seluruh uraian yang sudah dijelaskan pada bab-bab sebelumnya. Kesimpulan ini sanggup ditulis dalam bentuk esai.


Sementara rekomendasi sanggup ditujukan untuk pihak-pihak yang berkaitan ibarat forum sekolah atau peneliti lainnya yang ingin melaksanakan penelitian berikutnya.


Daftar Pustaka


Pada pecahan ini berisi daftar buku, materi penerbitan, maupun artikel yang berkaitan dengan penelitian.


Nah itulah klarifikasi singkat mengenai cara menciptakan daftar isi. Mulai dari cara menciptakan daftar isi otomatis, cara menciptakan daftar isi di word 2010. Semoga sanggup menambah wawasan kau 🙂



Cara Membuat Daftar Isi



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Lomba Pidato Tema Birul Walidain ( Rujukan Terbaik )

10 Ikan Terlangka Di Dunia Yang Terancam Punah

Sejarah Tari Merak Jawa Barat Beserta Ciri Khas Dan Gerakannya